Selamat Datang di Website Resmi SMA NEGERI 2 SITUBONDO | Sekolah Adiwiyata Mandiri | Sekolah Bersih Narkoba | Sekolah Kewirausahaan | Sekolah Widya Pakerti | Terima Kasih Kunjungannya.

Pencarian

Login Member

Username:
Password :

Kontak Kami


SMA NEGERI 2 SITUBONDO

NPSN : 20522638

Jl. Anggrek No.1 Situbondo


smadasit@yahoo.com

TLP : (0338) 671618


          

Banner

Jajak Pendapat

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami ?
Sangat bagus
Bagus
Kurang Bagus
  Lihat

Statistik


Total Hits : 380020
Pengunjung : 63246
Hari ini : 25
Hits hari ini : 122
Member Online : 1
IP : 54.221.75.115
Proxy : -
Browser : Opera Mini

Status Member

SMADA PRIMA GOES TO MALAYSIA




ABSTRAK 


Sholeha, Fadilah, Rifai, Husyain. 2017. Implementasi Matematika Sederhana untuk Mendukung dan Meningkatkan Pendapatan Industri Rumah Tangga Rengginang di Situbondo.Proposal.Search for Seameo Young Scientists 11th Regionnal Congress. Penasihat: Marta Mila Sughesti, S.Pd, S.S, M.Pd. 


Kata kunci: pendapatan, kemasan, matematika sederhana.


Sumber utama Situbondo adalah ikan. Orang membuat banyak produk lokal dengan menggunakan sebagai inggridient utama. Produk lokal yang paling populer dari Situbondo yang terbuat dari ikan adalah rengginang. Rengginang adalah jenis makanan ringan yang terbuat dari ketan dengan tambahan jus ikan dan rasa lain seperti bawang merah, bumbu, dan garam. Pelanggan rengginang berasal dari banyak kota dan provinsi namun produsennya tidak bisa menjual produk dengan harga tinggi. Masalah terbesar adalah pada kemasannya. Produsen hanya membungkus rengginang menggunakan plastik sedangkan tekstur rengginang rapuh; Oleh karena itu, produk akan rusak saat tiba di pelanggan dan mereka mengirimkannya kembali ke produsen. Hal ini membuat produsen tidak mampu menghasilkan keuntungan. Kenyataannya, Situbondo adalah dua belas kabupaten miskin di Jawa Timur karena produk lokal tidak dapat didistribusikan ke kota lain.


Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu produsen industri rumah tangga rengginang di Situbondo untuk meningkatkan pendapatan dan keuntungan mereka dengan modal lokal dengan membuat kemasan yang efisien untuk produk mereka dan menemukan ketidaksetaraan untuk menghitung keuntungan mereka dengan cara yang mudah. Kemasan yang penulis buat adalah kemasan dengan ukuran standart. Namun ukuran rengginang yang masih bisa dibungkus oleh kemasan memiliki kualitas, dengan menggunakan bahan yang bagus namun dengan harga murah. Penulis membuat kemasan dengan menggunakan Corel Draw, dan menunjukkan inquality dalam pemrograman linier dengan menggunakan GeoGebra. Dengan menggunakan pemrograman linier penulis dapat menentukan keuntungan tertinggi yang akan didapat produsen. Proyek ini berfokus pada bagaimana penggunaan matematis sederhana dapat mendukung dan meningkatkan pendapatan industri rumah tangga rengginang di Situbondo dan membantu produsen rengginang untuk menghitung modal dan keuntungan mereka secara pasti.


Penelitian ini dimulai pada tanggal 19 Oktober 2017 sampai dengan 25 Desember 2017. Dalam penelitian ini, pendekatan kualitatif diterapkan. Langkah pertama adalah mengumpulkan semua data. Untuk mendapatkan data tersebut, penulis diwawancarai dengan delapan produsen industri rumahan rengginang dan beberapa instansi pemerintah di Situbondo. Langkah selanjutnya, penulis menganalisis semua data. Kemudian, matematik sederhana diaplikasikan dalam pengukuran produk dan membuat jaring produk yang efficience dalam satu karton.


Hasil dari proyek ini merupakan kemasan khasiat untuk membungkus produk lokal Situbondo, yaitu rengginang. Makanya, dengan membuat kemasan kotak ini, penulis dapat membantu produsen industri rengginng untuk mendistribusikan produknya ke kota lain. Jadi, produsen bisa menghitung dan mendapatkan keuntungan maksimal dengan menggunakan keterampilan linier untuk membantu produsen menghitung dan mendapatkan keuntungan maksimal. Kemudian akan bisa meningkatkan tingkat ekonomi di Situbondo.


Materi bisa di download disini


     


     



Share This Post To :




Kembali ke Atas


Berita Lainnya :




Silahkan Isi Komentar dari tulisan berita diatas :

Nama :

E-mail :

Komentar :

          

Kode :

 

Komentar :


   Kembali ke Atas